Rabu, 29 Juni 2011

Singa, Hewan Yang lebih Dominan di Betina


Kali ini akan membahas tentang singa. Tetapi singa mana dulu nih? Ada singa darat sama singa laut Karena singa di darat lebih banyak sumbernya maka kali ini akan menjelaskan singa darat. Untuk singa laut, mungkin kalau ada lain waktu kali ya. wkwkwk

Singa (Sansekerta: Siha. Dalam bahasa arab : ouuqó¡s% ) atau dalam nama ilmiahnya Panthera leo adalah seekor hewan dari keluarga felidae atau genus

kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini lantas menjaga daerah kekuasaannya. Berat Singa kurang lebih antara 150 kg (betina) dan 225 kg (jantan).

Umurnya antara 10 sampai 15 tahun di hutan. Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan Singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya. Wah, parah nih sepertinya.

Kulitnya berwarna kuning kemerahan, tetapi ada juga sekitar dua puluhan ekor singa putih di Afrika Selatan. Kulitnya yang putih adalah akibat dari kekurangan pigmen alamiah (melanin).

Dilihat dari sosoknya yang gagah, singa memang layak disebut sebagai raja hutan. Singa menghabiskan seluruh harinya untuk tidur dibawah naungan bebatuan/pepohonan. Singa baru bangun untuk berburu pada malam hari. Untuk memudahkannya, singa diberi penglihatan yang sangat tajam pada malam hari, sehingga dapat melihat mengsanya dengan mudah.

Singa jantan dipercaya lebih unggul dan perkasa dibandingkan dengan kucing-kucing besar lainnya,tetapi kelemahan singa ialah tidak bisa

memanjat pohon sebagus kucing-kucing besar lainnya.

Di alam bebas, singa dapat hidup selama 15-an tahun. Dalam penangkaran, umurnya bisa mencapai 30 tahun.

Singa biasanya hidup hidup berkelompok antara 15 ekor/lebih yang disebut pride. Pride terkecil sebanyak 3 dan terbesar sebanyak 40. Dalam pride , singa berburu,membesarkan anak dan mempertahankan wilayahnya bersama-sama. Di dalam pride, biasanya hanya ada induk, anak betina, saudaranya yang betina. Setelah berumur 5 tahun,cmereka akan membentuk kelompok sendiri/menggantkan posisi singa jantan yang dominan.

Singa bukanlah pemburu terbaik. Karena hanya hanya membunuh 1 dari beberapa kesempatan. Biasanya yang memakan terlebih dahulu adalah yang jantan.

Dahulu, Singa hidup di seluruh Afrika, Eropa, Timur Tengah dan anak benua India. Tetapi sekarang habitatnya hanya di sebagian kecil anak benua India dan Afrika. Itu terjadi karena perburuan liar yang ingin mengambil kulitnya.

*Beberapa jenis kawin silang antara singa dan hewan lain :*

Liger = Lion + Tiger

Liger adalah hasil kawin silang antara Panthera Leo jantan (Panthera Lion) dengan Panthera Tigris (Tiger) betina. Liger menyerupai singa dengan loreng-loreng panjang. Mereka adalah keluarga kucing terbesar di dunia dengan berat mencapai 900-1000 pounds, meskipun harimau Siberia adalah sub species murni yang terbesar. Seperti harimau, tetapi tidak seperti singa,Liger sangat menyukai berenang. Hasil perkawinan yang serupa, tetapi dengan harimau pejantan dan singa betina disebut Tigon.

Leopon = Leopard + Lion

Leopon adalah hasil kawin silang antara leopard jantan dengan singa betina. Bentuk kepala leopon seperti singa dimana keseluruhan bagian lainnya menyerupai leopard. Leopon pertama kali dikembangbiakkan di India pada 1910.


Sumber :

· http://kids.nationalgeographic.com/kids/animals/creaturefeature/lion/

· id.wikipedia.org

· hewandunia.blogspot.com

· Ensiklopedia Pengetahuan Fauna & Fauna

· Buku Pintar Al-Qur’an untuk Anak

0 komentar on "Singa, Hewan Yang lebih Dominan di Betina"

Poskan Komentar

Followers

How Many?

Kalkulator KPR
 

Tychaíos Manise... Copyright 2010 ~ Designed by Rinda's Template ~ Inspired by Ipiet Template ~ Author by A.N.A