Sabtu, 06 Agustus 2011

Ramadhan di Sekolah Agama

Bulan Ramadhan di sekolah Katolik memang terasa memberatkan bagi Riva. Tidak ada hari libur awal puasa di sekolahnya. Riva ingin sekali masuk sekolah Islam, tetapi Riva terpaksa masuk sekolah Katolik oleh orang tuanya. Hari kedua Ramadhan saja Riva diajak teman sekelasnya untuk merayakan ulang tahun temannya di restoran. Karena makanannya sangat enak Riva rela membatalkan puasa agar ia dapat memakan tersebut.

Cerita ini sama dengan 2 kawan muslim sesama sekolah yaitu Santi dan Fira dan guru Agama Islam. Mereka belajar Islam di sebuah pondok di belakang sekolah. Mereka juga tidak dapat menahan godaan-godaan disekitarnya. Di tiap kelas selalu tercium bau harum makanan.

Saat pelajaran Agama, Santi bercerita sewaktu jam istirahat tadi. Saat itu Santi sedang berada dikelas. Tiba-tiba teman-temannya sedang memakan coklat di depannya. Lalu Santi menasihati mereka.

“Loh kok pada makan sih? Kan ada yang lagi berpuasa…”

“….Harusnya orang yang gak puasa menghormati orang yang puasa!” Santi kembali melanjutkan.

“Kenapa malah kita yang hormat? Harusnya kan kamu yang menghormati kami?”

Dengan polosnya Santi mengikuti omongan anak-anak non-Muslim itu.

Akhirnya orang-orang di pondok mempercayai cerita Santi tersebut.

Sudah 6 hari Bulan Ramadhan. Riva hanya 1 hari berpuasa, sisanya Riva terpaksa membatalkan karena tidak dapat menahan godaan.

Saat pulang sekolah, Riva memakan snack sambil melihat tukang es krim di depan sekolahnya. Kemudian Riva menghampiri tukang es krim tersebut. “Bang es krimnya satu.” Kata Riva. “Iya, dek.” Tukang es krim menjawabnya dengan ramah. Saat melihat tukang es krim itu Riva bertanya pada tukang es krim itu.

“Bang, abang orang Islam kan?”

“Iya dek. Kan lagi puasa.”

Riva kaget.

“Puasa? Yakin bang bisa nahan godaan disini? Ini sekolah Katolik, bekalnya enak-enak. Aku cuma tahan puasa sehari. Kok abang bisa nahan godaan ya?”

“Puasa kan perintah Allah. Es krim ini sumber hidup. Kalo sehari gak puasa udah kena dosa. Kalo sehari gak jualan mau sahur pake apa. Yaudah abang puasa sambil jual es krim.”

Riva tersanjung mendengarnya. Kemudian Riva menyembunyikan snack tadi di belakangnya.

“Maaf ya udah makan-makan di depan. Mulai besok aku mencoba berpuasa lagi walaupun banyak godaannya.” Riva merasa bersalah.

“Baguslah kalo mau coba puasa lagi. Kalo godaannya makin banyak makin banyak pahala kita. Nih es krimnya” Tukang es krim menyemangati.

Esok harinya Alhamdulillah Riva berhasil berpuasa, kemudian berlanjut hingga hari terakhir, bahkan saat pulang kampung pun ia juga tetap berpuasa. Teman-teman Muslim dan guru agama Islam akhirnya ikut berpuasa. Orang-orang non Muslim sangat sanjung kepada orang yang sedang berpuasa. Mereka menghormati orang yang sedang berpuasa. Memang, puasa di Bulan Ramadhan hukumnya wajib apapun keadaan lingkungan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar