Sabtu, 23 Oktober 2010

Motivasi yang Kuat

Ada seorang anak muda pergi menemui seorang bijak untuk menanyakan apa rahasia kesuksesan. Orang itu menjawab dengan tenang, “Itu adalah motivasi.”

“Dari mana datangnya motivasi itu?” Tanya anak muda itu.

Orang bijak menjawab, “Dari hasratmu yang menyala-nyala.”

Anak muda itu bertanya lagi, “bagaimana caranya agar aku memiliki hasrat yang menyala-nyala?”

Mendapat pertanyaan seperti itu, orang bijak itu mengambil sebuah bejana berisi air, lalu dia bertanya kepada pemuda itu, “Apakah kamu yakin, kamu ingin tahu dari mana datangnya hasrat yang menyala-nyala?”

“Tentu.” Jawab anak muda itu dengan penuh minat.

Syahdan, maka orang bijak itu meminta sang pemuda mendekati air dalam bejana itu dan memandanginya. Tiba-tiba, dengan kedua tangannya, orang bijak itu menekan si pemuda dan memasukkannya ke dalam bejana. Selama beberapa detik pemuda itu tidak bergerak, kemudian perlahan-lahan dia mulai mengeluarkan kepalanya dari dalam air. Tapi, ketika dia mulai merasa tidak bernapas, dia mencoba melawan dengan keras, sehingga dia berhasil menyelamatkan dirinya dan mengeluarkan kepalanya dari dalam air. Selanjutnya dia menatap orang bijak itu dengan marah. “Apa yang telah tuan lakukan ini?” katanya.

Orang bijak itu menjawab, “Pada detik-detik pertama, kamu ingin menyelamatkan dirimu, tetapi motivasi kamu lemah, sehingga kamu tidak berhasil. Setelah itu, motivasi kamu bertambah sehingga kamu mampu menyelamatkan dirimu, yaitu ketika kamu telah memiliki hasrat yang menyala-nyala untuk menyelamatkan dirimu.”

Kemudian orang bijak itu menambahkan pula, “Kalau kamu mempunyai hasrat yang menyala-nyala untuk sukses, maka tidak ada seseorang pun yang bisa menghentikan kamu.”


Mafatihun-Najah al-'Asyrah, karya Dr. Ibrahim al-Faqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar